Kamis, 01 September 2016

MASJID AR FACHRUDDIN dan SPBU

Haloo kali ini aku akan bahas tentang deskripsi masjid terbesar yang pernah dimiliki suatu universitas dan SPBU yang terletak tepat disebelahnya. Masjid mana lagi kalau bukan masjid AL FACHRUDDIN. Semoga bermanfaat.
MASJID AR FACHRUDDIN
Masjid ini didirikan pada tahun  1995 dan diresmikan di tahun 1998 oleh presiden RI ke-3 yaitu pak BJ Habibie. Masjid berlantai 5 ini tak hanya digunakan sebagai sarana beribadah saja, namun juga digunakan untuk sarana pendidikan oleh universitas Muhammadiyah Malang. Jadi tak heran apabila ada mahasiswa berkeliaran di dalam masjid ini untuk belajar ataupun melakukan kegitan pengajaran.
Lokasi masjid adalah di tepi jalan raya tlogomas, akses jalan ke arah kota batu. Bangunan masjid dibuat dengan asitektur modern yang sangat eksotik. Oleh karena letaknya yang strategis, maka masjid AR. Fachruddin sering digunakan sebagai salah satu tujuan wisata.
Tempat peribadatan berada dilantai 3 sampai lantai 5. lantai 2 digunakan untuk perkantoran takmir masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium Psikologi, tempat wudhu’ dan aula. Lantai 1 digunakan untuk perkantoran, bank, kantin, Kopkar, ATM, dan laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, radio UMM FM dan beberapa kantor pusat studi. Sekedar informasi dari aku, Masjid AR Fachruddin Universitas Muhammadiyah Malang inii sudah memiliki arah kiblat yang tepat (shahih) dan telah dibuktikan oleh CASA (Club Astronomi Santri Assalaam). Masjid ini digunakan sebagai pusat dakwah Muhammadiyah dan pusat kegiatan keislaman bagi seluruh aktivitas akademika maupun masyarakat umum.
Menurut saya pribadi (hehe) masjid ini adalah masjid yang sangat besar untuk ukuran masjid yang dimiliki sebuah universitas. Selain desainnya yang mengagumkan, masjid ini juga sangat nyaman jika dijadikan tempat ibadah. Karena jika tempatnya saja nyaman maka ibadah yang kita jalankan semakin khusyuk.
SPBU Universitas Muhammadiyah Malang
            Stasiun Pusat Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Universitas Muhammadiyah Malang ini terletak di sebelah barat masjid AL-FACHRUDDIN tepatnya di sebelah kiri pintu masuk kampus III UMM. SPBU ini dibangun dalam rangka memenuhi kebutuhan profit bahan bakar masyarakat UMM dan umum yang semakin meningkat signifikan. SPBU ini telah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti cafeteria, rest area.
Pendirian SPBU ini dinilai sangat prospektif karena jumlah mahasiswa, dosen dan karyawan UMM sangat banyak dengan kebutuhan bahan bakar kendaraan sangat tinggi. Dengan dibangunnya SPBU yang sangat dekat dengan kampus III UMM ini, maka para mahasiswa, dosen dan seluruh warga UMM akan menjadi tidak kerepotan untuk membeli bahan bakar.
Selain sebagai profit centre, SPBU UMM merupakan salah satu bentuk layanan bagi aktiivitas akademika dan masyarakat umum dalam hal kemudahan penyediaan bahan bakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar